Flow Meter Air - Flow Meter Indonesia - Flow meter air, flowmeter solar, gas, Ultrasonic, Vortex, Electromagnetic

Breaking

Kamis, 11 Desember 2014

Flow Meter Air

Flow meter air adalah flow meter yang digunakan untuk mngukur aliran air atau debit air. Makin mahal dan tebatasnya sumber air untuk kehidupan baik untuk air minum, produksi air, untk industri, air untuk irigasi serta kebutuan air untuk kehidupan sehari hari makin menipis dan perlu dilakukan efisiensi agar tidak terjadi pemborosan.

Berapa besar kebutuhan air yang digunakan harus terukur agar tidak terjadi pemborosan. Karena itu alat instrument guna mengukur besaran aliran dan volume yang di gunakan dapat di ukur dengan alat yang benama flow meter atau water meter atau meteran air.
Bagi sebagian masyarakat flow meter air ini dapat di temui pada setiap rumah tangga yang menggunakan sumber air dari PDAM yang sering di sebut dengan meteran air.
Namun bagi industri pengolahan air tentunya meteran jenis ini kurang tepat digunakan karena kwalitas air dalam pengolahan mempunyai karakteristik tersendiri baik karena kekeruhan, kekotoran, serta kandungan chemical atau yang berbeda beda.

Flow meter yang digunakan untuk peroses pengolahan air biasanya mempunya berbagai jenis di sesuaikan dengan kebutuhan tahapan proses serta cara installasinya.
Dari segi installasi ada beberapa jenis installasi yang disesuaiakn dengan kondisi lapangan dan posisi pipa baik yang terpasang maupun yang akan dipasang baru Berikut jenis flow meter berdasarkan installasinya.

  1.  In Line Flow meter
    • In Line Flow Meter ini merupakan flow meter yang paling banyak di kenal dan pasang pada sistem produksi dan linya dimana prinsip flow meter ini installasinya dilakukan dengan cara memotog pipa dan connection flow meter ini menggunakan flange, tri clamp, tread, maupun dengan cara di sambung dengan lem untuk flow meter yang menggunakan bahan PVC. Jenis dari flow meter dengan cara installasi in line ini dimiliki oleh hampir semua jenis flow meter air seperti jenis electromagnetic flow meter, ultrasonic flow meter, turbine flow meter, orifice, vortex, coriolis, variable area vlow meter, ventury dan lainnya

  2. Insertion Flow Meter
    • Insertion Flow meter ini merupakan flow meter yang biasanya digunakan untuk flow meter yang diapasng pada ukuran dimensi pipa yang besar guna menghemat biaya investasi pembelian flow meter. Cara installasi flow meter jenis insertion cukup simple yaitu dengan cara melubangi pipa dan dengan alat tambahan berupa welding atau saddle flometer dimasukan pada lubang pipa tersebut. Jenis flow meter ini biasanya di miliki oleh jenis flow meter turbine ata padle wheel, ultrasonic flow meter, vortex flow meter, magnetic flow meter.

  1. Clamp on Flow Meter
    • Clamp on flow meter ini merupakan flow meter yang cara instalasinya cukup simple dimana pipa yang ada tidak perlu dipotong maupu di lubangi tapi sensor flow meter ini cukup ditempel diluar permukaan pipa. Jenis Clamp on flow meter ini dapat dipasang pada seluruh jenis ukuran pipa dari ukuran pipa 1/4" hingga ukuran pipa besar 100" dan juga dapat digunakan untuk berbagai jenis material pipa, baik pipa stainless steel, carbon steel, HDPE maupun jenis pipa lainnya. Begitujuga jenis liquid yang akan di ukur jenis clamp on flow meter. Jenis flow meter ini cocok sekali digunakan bagi installasi flow meter yang tidak ingin produksi terganggu karea produksi tidak perlu berhenti. 

  2. Open Channel Flow Meter
    • Open channel flow meter biasanya di gunakan untuk aliran air yang tidak menggunakan pipa tapi air mengalir dalam sebuah kanal baik berupa saluran irigasi, sungai maupun yang lainnya.
read more ........


Pages