Flow Meter untuk Limbah Pabrik Sawit - Flow Meter Indonesia - Flow meter air, flowmeter solar, gas, Ultrasonic, Vortex, Electromagnetic

Breaking

Selasa, 12 April 2016

Flow Meter untuk Limbah Pabrik Sawit

Berdasarkan wujudnya, limbah yang dikeluarkan oleh pabrik kelapa sawit dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu limbah padat dan limbah cair. Limbah padat dihasilkan dari tandan-tandan buah yang tidak bisa diolah, sedangkan limbah cair didapatkan dari sisa pengolahan minyak. Apabila dibuang begitu saja, maka kedua limbah ini akan berdampak buruk pada lingkungan alam termasuk mengurangi tingkat kesuburan tanah, menimbulkan timbunan sampah, merusak karakteristik air tanah, dan lain-lain.
Limbah cair industri kelapa sawit yang paling utama adalah POME atau Palm Oil Mill Effluent, sedangkan limbah padatnya terdiri dari tandan kosong, pelepah , batang dan serat mesocarp. Serat mesocarp dan tandan kosong merupakan limbah yang diperoleh ketika proses produksi berlanjut, sementara pelepah dihasilkan ketika dilakukan pemangkasan pelepah. Limbah batang sawit dihasilkan ketika proses replantasi, penggantian tanaman tua dengan tanaman yang lebih muda.

Teknologi pengolahan limbah kelapa sawit saat ini sudah bermacam-macam dan memiliki tujuan yang berlainan. Ada teknologi yang mengharuskan untuk berinvestasi lebih, tetapi akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ataupun hasil dari teknologi pengolahan limbah tersebut. Masing-masing teknologi memiliki kelebihan dan kelemahan. Oleh karena itu, jika kita ingin memilih teknologi mana yang akan digunakan haruslah disesuaikan dengan kondisi PKS dan juga kemampuan finansial. 
Untuk proses limbah cair ada dua yaitu saat limbah cair di keluarkan oleh mesin pengolahan hasil proses dan limbah hasil proses pengolahan limbah yang harus di lairkan atau dibuang baik itu sebagai pupuk ataupun yang lainnya.
Karena sifat limbah cair kelapa sawit yang sangat kotor dan mengandung getah kelapa sawit serta temperature yang tinggi kita sebaiknya menggunakan flow meter yang mempunyai karakteristik tahan terhadap temperature tinggi dan tidak ada bagian sensor yang bergerak karena ini rawan terhadap kemacetan sensor sehingga flow meter tidak bisa membaca atau macet.
Karena itu yang paling cocok untuk flow meyter limbah kelapa sawit ini adlah jenis electromagnetic


Pages