Flow meter untuk limbah Rumah Sakit - Flow Meter Indonesia - Flow meter air, flowmeter solar, gas, Ultrasonic, Vortex, Electromagnetic

Breaking

Selasa, 12 April 2016

Flow meter untuk limbah Rumah Sakit












 


Sampah dan limbah rumah sakit adalah semua sampah dan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah sakit dan kegiatan penunjang lainnya. Apabila dibanding dengan kegiatan instansi lain, maka dapat dikatakan bahwa jenis sampah dan limbah rumah sakit dapat dikategorikan kompleks. Secara umum sampah dan limbah rumah sakit dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu sampah atau limbah medis dan non medis baik padat maupun cair. 
Untuk limbah cair bisanya di lakukan proses pengolahan pada waste water treatmen. Limbah cair yang dihasilkan rumah sakit mempunyai karakteristik tertentu baik fisik, kimia dan biologi. Limbah rumah sakit bisa mengandung bermacam-macam mikroorganisme, tergantung pada jenis rumah sakit, tingkat pengolahan yang dilakukan sebelum dibuang dan jenis sarana yang ada (laboratorium, klinik dll). Tentu saja dari jenis-jenis mikroorganisme tersebut ada yang bersifat patogen.


Unit pengolah limbah cair di rumah sakit bisanya ada bebrapa jenis yaitu :
  1. Kolam Stabilisasi Air Limbah (Waste Stabilization Pond System) 
  2. Kolam oksidasi air limbah (Waste Oxidation Ditch Treatment System) 
  3. Anaerobic Filter Treatment System 
Sistem untuk pengolahan air limbah rumah sakit di kota biasnya memilih sitem Kolam Oksidasi karena tidak memerlukan lahan yang luas. Kolam oksidasi dibuat bulat atau elips, dan air limbah dialirkan secara berputar agar ada kesempatan lebih lama berkontak dengan oksigen dari udara (aerasi). Kemudian air limbah dialirkan ke bak sedimentasi untuk mengendapkan benda padat dan lumpur. Selanjutnya air yang sudah jernih masuk ke bak klorinasi sebelum dibuang ke selokan umum atau sungai. Sedangkan lumpur yang mengendap diambil dan dikeringkan padaSludge drying bed (tempat pengeringan Lumpur). 

Sisetm Pengolahan limbah rumahsakit di kota biasanya cukup ktetat sekali kwalitas hasil prosesnya karena ini berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Karena itu perlunya di lakukan pengecekan baik limbah masuk maupun air proses limbah yang keluar. Sebersih apapun hasil pengolah limbah masih terdapat partikel2 padatan yang memang sudah tidak berbahaya dan memnuhi unsur kesehatan lingkungan. Karena itu biasanya flow meter yang di gunakan untuk limbah rumah sakit ini ada 2 jenis dimana flow meter tersebut tidak boleh adanya bagian yang contact dengan air limbah bergerak atau berputar. Karena jika ada bagian sensor atau lainya yang contact dengan air limbah berputar bisanya flow meter tersebut tidak akan tahan lama.



Pages