7 Flow Meter yang digunakan pada Industri Minyak dan Gas - Flow Meter Indonesia - Flow meter air, flowmeter solar, gas, Ultrasonic, Vortex, Electromagnetic

Breaking

Rabu, 22 Desember 2021

7 Flow Meter yang digunakan pada Industri Minyak dan Gas

7 Flow Meter yang digunakan pada Industri Minyak dan Gas


 Flow Meter Migas, Flow Meter Minyak dan Gas, ataupun Flow Meter Minyak CPO dan Gas Flow Meter selama bertahun-tahun, orang-orang yang terlibat dalam industri minyak dan gas telah berinovasi dan menciptakan cara untuk mendapatkan pengukuran yang akurat. Dari mengekstraksi hingga mengirimkan bahan mentah ini, semua orang di bisnis ini telah berinvestasi secara mendalam untuk mendapatkan pengukuran yang seakurat mungkin.

Dengan demikian, para ilmuwan dan insinyur telah bekerja lama dan keras untuk menemukan cara dan teknologi baru untuk membuat sistem pengukuran yang lebih efisien. Karena kerja keras mereka, terciptanya flow meter yang berbeda, dan karena itu, industri minyak dan gas masih kuat hingga saat ini.

Pengukur aliran ini digunakan oleh industri, khususnya gas dan minyak, untuk menghitung laju aliran massa atau laju aliran volumetrik cairan. Aplikasi semacam itu mendefinisikan kapasitas dan jenis flow meter. Gas, cairan, dan cairan diukur dalam hal laju aliran massa dan laju aliran volumetrik.

Dimana dan Bagaimana Minyak dan Gas Bumi Terbentuk?

Sebelum kami memberi tahu Anda berbagai pengukur aliran yang biasa digunakan dalam industri minyak dan gas, mengetahui proses bagaimana industri mengumpulkan bahan baku harus didahulukan.

Kedua bahan baku ini hadir pada sumber geologi yang berbeda. Sebagian besar, ladang gas dan minyak hadir di batuan sedimen seperti batu pasir dan batu kapur. Alasan utamanya adalah karena bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah menembus batuan, sehingga lebih mudah untuk terakumulasi. Kapasitas reservoir yang ditemukan dapat ditentukan oleh porositasnya, sedangkan produktivitasnya sebanding dengan permeabilitasnya.

Untuk memulai aliran, mereka mengebor di dalam batuan ini, yang akan membuat cairan lebih mudah diekstraksi. Untuk memulai, meningkatkan, atau untuk aliran terus-menerus, air dipompa ke dalam bebatuan, yang biasanya terletak di bawah tanah. Air bertekanan tinggi dipompa ke batuan ini, yang akan meningkatkan laju aliran dan meningkatkan ekstraksi cairan. Jenis pengukur aliran, yang disebut pengukur aliran elektromagnetik ABB, digunakan untuk mengukur air yang dipompa ke dalam batu secara akurat dan tepat.

Namun, ada kasus-kasus tertentu di mana pengeboran dan pemompaan air tidak cukup untuk memperoleh zat-zat ini. Minyak atau gas alam yang ditemukan pada batuan kedap air sebagian besar tidak dapat terbentuk menjadi cara konvensional. Bahan-bahan ini disebut 'hidrokarbon tidak konvensional', dan mereka termasuk minyak serpih, metana batu bara, dan gas serpih. Karena permeabilitas batuan yang sangat rendah, akumulasi harus dirangsang untuk memulai aliran dan memungkinkan proses ekstraksi. Untuk melakukan ini, diperlukan metode yang disebut 'perekahan hidrolik'.

Dalam rekahan hidrolik, campuran pasir dan air dipompa ke dalam batuan. Karena tekanan tinggi, retakan kecil (celah) dibuat, yang akan membuat material bebas bergerak di dalam fondasi. Perekahan hidraulik dilakukan dengan memungkinkan celah ini terbuka agar material dapat bergerak, seperti yang dilakukan pasir; membuka fraktur ini, yang menghasilkan permeabilitas tinggi. Untuk mendapatkan pengukuran yang tepat dari cairan rekahan dan pencampuran aditif dalam campuran, digunakan pengukur aliran elektromagnetik ABB.

Sekarang kami telah menjelaskan gambaran umum tentang bagaimana industri minyak dan gas mendapatkan bahan baku ini; langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana mereka mengukurnya dengan berbagai jenis sistem pengukuran.

Flow Meter yang digunakan pada Industri Minyak dan Gas

Berikut kami akan memberitahu anda flow meter yang dapat di aplikasikan pada Industri Minyak dan Gas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Coriolis Flow Meter

Teknologi yang digunakan dalam flowmeters Coriolis bukanlah yang terbaru dalam hal pengukuran bahan-bahan alami dalam industri minyak dan gas. Paten industri pertama untuk flowmeter Coriolis sudah ada sejak tahun 1950-an. Namun, penerapan teknologi tersebut di lapangan baru dimulai pada tahun 1970. Dan sampai sekarang, tidak ada yang berubah meskipun penyempurnaan meteran untuk pengukuran yang lebih akurat.

Rheonik Products Ads 
Rheonik Products

Salah satu desain asli dari flow meter adalah bahwa ia memiliki tabung tunggal dengan dinding tipis. Ini sangat akurat; namun, kepraktisan model menjadi perhatian utama karena masalah getarannya. Untuk mengatasi itu, desain diubah menjadi desain dua tabung, bukan satu.

Meski telah melalui desain yang berbeda, prinsip utama flowmeter Coriolis tidak pernah berubah. Dengan menciptakan inersia melalui tabung berosilasi saat bahan mengalir melaluinya, tabung berputar. Jumlah lilitan berbanding lurus dengan laju aliran massa. Ini kemudian diukur pemancar flow meter dan sensor untuk membuat sinyal aliran linier.

Menggunakan flowmeter Coriolis memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah akurasinya yang tinggi. Pengukur aliran ini lebih umum digunakan untuk mengukur berbagai produk minyak bumi seperti minyak mentah dan gas alam. Inti utama dari flow meter adalah mengukur laju aliran massa (ini sangat cocok pada aplikasi minyak cpo), bukan volumenya. Itu membuatnya menjadi yang terbaik untuk mengukur produk minyak bumi karena perhatian utama dalam mengukur produk ini adalah panasnya daripada kuantitasnya.

Biasanya, flow meter jenis ini berlaku untuk pipa dengan diameter 1 hingga 4 inci. Namun saat ini, model yang lebih besar telah tersedia lebih dari sebelumnya. Mungkin satu-satunya kelemahan flowmeter Coriolis adalah harganya lebih mahal daripada jenis sistem pengukuran lainnya. Ini bisa bernilai karena perawatannya lebih rendah daripada flow meter lainnya. flow meter migas dan flow meter minyak cpo selanjutnya, mari kita simak di bawah ini.

Ultrasonic Flow Meter

Flowmasonic WUF 100 CF 
Flowmasonic WUF 100 CF

Pengukur aliran ultrasonik mengukur kecepatan fluida yang mengalir melalui pipa dengan menggunakan gelombang suara. Pergeseran linier dalam frekuensinya akan terlihat begitu kecepatan fluida perlahan meningkat. Pengukur aliran ultrasonik dapat digunakan untuk mengukur kecepatan cairan di dalam dan di luar pipa; desain sebaris pasang pengukur aliran di dalam tabung sementara model penjepit

mengukur kecepatan menggunakan transduser. Namun, clamp-on memiliki akurasi yang lebih rendah daripada model inline. Dengan demikian, mereka hanya digunakan untuk melakukan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan pengukuran dengan segera.

Berbeda dengan pengukur aliran Coriolis, pengukur aliran ultrasonik dan pengukur aliran lainnya yang dirancang khusus untuk minyak mentah dapat digunakan inline untuk pipa yang memiliki ukuran 20 inci. Selain itu, desain penjepit dapat diterapkan dalam banyak hal yang berbeda dan tahan lama. Belum lagi, ia juga memiliki persyaratan perawatan yang rendah.

Thermal Flow Meter

Kofloc EX-250S Thermal Mass Flow Meter 
Kofloc Thermal Mass Flow Meter

Dalam pengertian utamanya, pengukur aliran termal mengukur kecepatan panas yang hilang saat disuntikkan langsung ke aliran aliran gas. Sebagian besar, meter aliran termal digunakan secara eksklusif untuk mengukur gas.

Disipasi panas bervariasi tergantung pada komposisi dan suhu gas. Pengukur aliran termal adalah pilihan terbaik ketika salah satu komposisi atau suhu diminimalkan atau jika tingkat akurasi seperti dalam parameter yang dapat diterima. Selanjutnya untuk flow meter migas adalah Turbin Flow Meter.

Turbin Flow Meter

Flow Meter Migas 
Turbine Flow Meter WFT67

Meteran jenis ini menggunakan rotor mekanis yang dipasang pada poros yang ada di dalam pipa. Ini kemudian digunakan untuk mengukur volume gas, cairan, atau uap yang melewati tabung. Saat zat melewati pipa, rotor berputar dengan kecepatannya tergantung pada seberapa cepat material melewati pipa. Kecepatan putaran yang dihasilkan dari putaran rotor ditentukan oleh penggunaan sensor atau metode mekanis lainnya.

Biasanya, magnet digunakan untuk membiarkan sensor membaca dari rotor, dengan magnet terletak di luar pipa. Dengan menggunakan sinyal, sensor dan pemancar menentukan volume bahan yang berjalan di dalam tabung.

Pengukur aliran turbin murah dalam hal harga. Juga, mereka memberikan hasil yang lebih akurat ketika zat yang diukur adalah gas atau bahan lain yang tidak memiliki puing-puing pada laju aliran yang lambat.

Salah satu kelemahan menggunakan pengukur aliran turbin adalah tidak berfungsi dengan baik dengan aliran yang bervariasi karena bagian mekanis dapat aus secara signifikan dan perlu segera diganti. Juga, meter aliran turbin bekerja paling baik saat mengukur massa gas dengan sifat yang tidak diketahui.

Selain kegunaannya, juga biasa digunakan untuk billing meter untuk mengukur jumlah gas atau air pada bangunan komersial, industri, dan perumahan. Namun, dalam aspek ini, ia bersaing dengan pengukur aliran perpindahan positif. Yang terakhir ini lebih cocok dengan pipa dengan ukuran 1,5 hingga 10 inci sedangkan meter aliran turbin paling cocok dengan pipa berukuran 10 inci atau lebih. Flow Meter Migas Selanjutnya yaitu, Differential Flow Meter.

Differential Flow Meter

Seperti sepupu jauhnya, pengukur aliran ultrasonik, alat ini juga mengukur volume aliran yang melewati pipa. Apa yang membedakannya dari flow meter lainnya adalah penggunaan persamaan Bernoulli. Juga, pengukur aliran diferensial menggunakan penyempitan untuk memperlambat aliran dan tekanan zat di dalam pipa.

Flow Meter Migas 
Differential Pressure Flowmeter

Saat tekanan aliran meningkat perlahan, ukuran penurunan tekanan juga meningkat secara proporsional. Data dari peristiwa ini ditransmisikan pada berbagai set pembacaan tekanan. Dengan informasi itu, ia menghitung perbedaan tekanan untuk mendapatkan pengukuran aliran volumetrik.

Pengukur aliran diferensial biasanya berbiaya rendah. Dan versi yang berbeda untuk zat yang berbeda juga ada untuk membuat pengukuran yang akurat dari setiap cairan. Gas adalah kasus khusus, karena, untuk mendapatkan pembacaan yang tepat dari gas tertentu, pengukur aliran diferensial harus dikombinasikan dengan sensor lain untuk berbagai faktor seperti suhu, tekanan, komposisi gas, dan kerapatan gas.

Meskipun merupakan pengukur aliran yang sangat baik, industri lebih memilih jenis sistem pengukuran lainnya. Ini sebagian besar karena ketidakakuratannya ketika faktor-faktor lain terlibat, seperti suhu, tekanan, dll. Selain itu, untuk mendapatkan pengukuran gas yang paling akurat, ia perlu menggabungkan dengan sensor lain atau mendapatkan versi pengukur aliran diferensial yang berbeda sama sekali. Karena faktor-faktor yang disebutkan, mungkin sulit untuk mendapatkan pembacaan yang akurat. Ini terutama alasan mengapa industri minyak dan gas lebih memilih jenis pengukuran lain, terutama ketika berurusan dengan gas. Flow Meter Migas dan Flow Meter Minyak CPO Selanjutnya adalah Pengukur Aliran Perpindahan Positif.

Positive Displacement Flow Meter

Flow Meter Migas 
VSE Aluminum Positive displacement Flow Meters

Ada berbagai jenis meter perpindahan positif: roda gigi oval, piston, putar, diafragma, cakram mur, dan heliks. Pengukur perpindahan positif dapat diterapkan untuk berbagai hal yang melibatkan aplikasi komersial, industri, dan perumahan. Mereka paling sering digunakan untuk mengukur aliran gas. Pengukur aliran turbin, bagaimanapun, bersaing dengan pengukur aliran perpindahan positif dalam aspek ini. Salah satu keunggulannya dibandingkan meter aliran turbin adalah sangat baik dalam menangani laju aliran tetap dalam pipa yang memiliki diameter 10 inci atau kurang.

Baik diafragma dan pengukur aliran perpindahan positif berbasis putaran biasanya digunakan untuk mengukur aliran gas. Terhadap pesaing seperti pengukur aliran Coriolis, yang terakhir adalah pilihan pertama terutama karena pengukur aliran perpindahan positif tidak memiliki persetujuan industri yang diperlukan untuk aplikasi di lapangan. Selanjutnya flow meter migas adalah Vortex Flow Meter.

Vortex Flow Meter

Salah satu flow meter yang paling serbaguna, vortex flow meter, dapat dengan mudah mengukur aliran gas, cairan, uap. Selama beberapa tahun terakhir, flowmeters vortex tidak memiliki persetujuan yang diperlukan untuk aplikasi di industri. Namun, pada tahun 2007, American Petroleum Institute telah menyetujui rancangan standar untuk penggunaan pengukur aliran tersebut. Dan sejak itu, beberapa perusahaan di industri telah secara aktif bekerja sama dengan API untuk pengembangan lebih lanjut mengenai standar ini dan persetujuannya.

Flow Meter Migas 
Vortex Flow meter with Pressure compensation

Standar tersebut diterapkan untuk aliran cairan, uap, dan gas dan diperpanjang pada tahun 2010 untuk penggunaan lebih lanjut. Meskipun memiliki masa depan yang tidak pasti, desain dibuat secara eksplisit untuk gas dan cairan yang ada. Pengukur aliran vortex memiliki dampak terbatas pada pasar dalam beberapa tahun terakhir, tetapi peningkatan yang stabil dalam preferensi hadir untuk perusahaan masa depan. Namun, pengaruhnya di pasar mengenai transfer tahanan dalam gas alam rendah karena pesaing lain seperti ultrasonik, tekanan diferensial, dan meter aliran turbin. itu beberapa jenis flow meter yang support seperti flow meter minyak cpo, dan gas.

Kesimpulannya Flow Meter Migas

Ada banyak teknologi yang tersedia untuk digunakan dan diadaptasi oleh industri minyak dan gas. Belum lagi pasar telah memperkenalkan flow meter jenis baru menunggu persetujuan API. Karena cairan berbeda yang dikumpulkan oleh banyak industri, kebutuhan akan sistem pengukuran berbiaya rendah dan pemeliharaan terus meningkat.

Pages