Clamp on Flow Meter untuk PLTU - Flow Meter Indonesia - Flow meter air, flowmeter solar, gas, Ultrasonic, Vortex, Electromagnetic

Breaking

Kamis, 23 Desember 2021

Clamp on Flow Meter untuk PLTU

Clamp on Flow Meter untuk PLTU


 Clamp on Flow Meter untuk PLTU menggunakan Flowma Flowmasonic WUF 620 CF Series waktu transit pengukur aliran ultrasonik menggunakan prinsip waktu transit. Transduser aliran ultrasonik dipasang dari permukaan pipa tanpa memerlukan penghentian aliran atau pemotongan pipa. Ini sangat sederhana, nyaman untuk instalasi, kalibrasi, dan pemeliharaan.

Pengertian clamp-on Ultrasonik Flow Meter

Flow meter clamp on ultrasonic adalah jenis flowmeter yang cara instalasinya tanpa harus memotong atau melubangi pipa.  Namun sensor ultrasonic atau transducer cukup ditempel dipermukaan luar pipa dan di clamp. Sehingga pada saat installasi aliran dalam pipa tidak harus berhenti atau pompa tidak perlu mati atau valve tidak perlu ditutup.

Dengan melakukan pemotongan pipa atau melubangi pipa, akan menghambat proses produksi karena aliran air harus di matikan. Selain biaya untuk memotong atau melubangi pipa yang dilanjutkan dengan pengelasan,  berupa flange atau fitting mahal dan butuh waktu lama. Bayangkan jika kita harus memasang flow meter air pada pipa diameter diatas DN250, harga flange, gasket, biaya potong dan welding pasti mahal.

Karena itu banyak engineer menyarankan menggunakan jenis insertion magnetic flow meter atau jenis flow meter ultrasonic clamp on. Dua jenis flow meter ini cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis flow meter in line.

Cara instalasi insertion flow meter cukup dengan melubangi pipa dan memasang fitting  untuk dudukan flow sensor (insert). Selanjutnya Flow sensor dimasukan kedalam pipa guna mendeteksi kecepatan aliran air dalam pipa yang dihubungkan dengan converter atau flow transmitter.

Sesuai dengan perkembangan technology para engineer banyak juga yang menyarankan menggunakan flow meter yang cara instalasinya dengan sistem clamp on. Sistem instalasi clamp on hanya dimiliki oleh flow meter ultrasonic yang selama ini banyak diaplikasikan untuk jenis portable flow meter. Jenis ini biasanya  digunakan untuk melakukan pengecekan dan pengetesan performa sistem, peralatan pompa, menjaga stabilitas dari kwalitas produksi dan lainnya.


Ukuran transduser yang berbeda memenuhi tuntutan pengukuran yang berbeda. Plus, pilih fungsi pengukuran energi termal untuk mencapai analisis energi yang lengkap. Ini diterapkan secara luas dalam pemantauan pemrosesan, uji keseimbangan air, uji keseimbangan pemanasan distrik, pemantauan efisiensi energi karena pemasangannya yang mudah dan keuntungan operasi yang sederhana.

Fitur Seri Flowmasonic WUF 620 CF

  • 4 Lines Display Velocity, Flow Rate, Volume, and Meter Status
  • Clamp-on Mounted, Unnecessary Pipe Cutting Or Processing Interruption
  • Acceptable Fluid Temperature Range -40°C~260°C
  • Built-in Data Storage Is Optional
  • Selecting Temperature Sensor PT1000 To Achieve Thermal Energy Measurement Function
  • Suitable For DN20-DN6000 Flow Measurement By  Selecting Different Size Transducers Bi-directional Measurement, Flow Range From 0.01m/s To 12m/s

Performance Index

Measuring PrincipleTransit-time
Velocity0.01 - 12 m/s, Bi-directional Measurement
Resolution 0.25mm/s
Repeatability 0.1%
Accuracy±1.0% of Reading
Response Time0.5s
Sensitivity0.003m/s
Damping0-99s(settable by user )
Suitable FluidSuitable Fluid Clean or tiny amounts of solids, air bubbles liquid , Turbidity<10000 ppm
Power SupplyAC: 85-265V DC:12- 36V/500mA
InstallationWall Mounted
Protection ClassIP66
Operating Temperatureto +75℃
Measuring Unitmeter,ft,m³,liter,ft³,gallon,barrel etc.
Communication Output4~20mA, OCT, Relay, RS485 (Modbus-RUT), Data Logger ,GPRS
Energy UnitUnit : GJ,Opt: KWh
SecurityKeypad Lockout, System Lockout
Size244*196*114mm
WB4:C22eight2.4kg

Pages